PENYEBAB RPM Mobil (Karbu) Naik Turun
- Switch Selenoid Karburator Fordlaser kabel kendor/lemah strum
Ketika mobil sedang berjalan tiba-tiba melindas di jalan berlubang cukup parah /cross dan tiba-tiba pula RPM langsung berubah naik-turun, gejala mesin mati mendadak,, di starter hidup,, rpm naik turun lagi,,, mesin mati lagi,, begitu seterusnya,,, langsung menepi ke pinggiran jalan,, buka kap mesin cek ricek mesin,, melihat sikon mendadak untuk sementara rpm karburator di setel ke rpm tinggi dulu kitar 1500-2000rpm agar mesin tidak cpt mati mendadak.
Cek ricek selanjutnya :,,,,
,,saluran filter bensin, selang ================== ok
,,saluran selang-selang vacum ac, vacum delco ======= ok
,,kondisi fuelpump / pompa bensin /membran /rotax ==== ok
,,busi ganti baru =========================== ok
,,cek coba ganti kabel busi baru ================= ok
,,besih-besih tutup/cup delco & rotor ============== ok
,,cek coil ================================ ok
,,cek karburator tidak banjir =================== ok
,,tes bejek ke rpm REDline ,,, rpm tidak balik sempurna,, (malah rpm tinggi /lari)
,,tes digas dibawah rpm 3000 bisa balik tapi masih naik turun (diatas rpm3000 tdk bisa balik sempurna /rpm malah semakin naik)
,,belum sempat belah/service karbu,, (masih penasaran jg).
Akhirnya Setelah di cek lebih teliti lagi,, ternyata biang masalah ada di "SWITCH SELENOID KARBURATOR" yaitu; Kabel kerdor/lepas/lemah,,, dibuka pake kunci pas 19 ,, tes langsung ke aki "bekerja dg ciri ujung jarum nya bergetar maju-mundur,, akhirnya solusi sementara juga di "LEM KOREA pas di kabel sambungan selenoid tsb,, di tes,,, eeehhh langsung lancarrrrr.. Alhamduuuuuuuuuu,,,,,, Lillah. :)
Kronologis Penyebabnya:
Kejadian setelah melewati jalan berlubang parahh/dalam dengan gejala; tiba-tiba mesin mati mendadak,, distater hidup tapi RPM Naik-Turun tidak normal!!!,. lepas pedal gas mesin langsung matii. dan bgtu strusnya.
NB:
Lain waktu mau service karbu sekalian ganti "Coin/Kobangan" yg kwalitas bagus KW1/kuningan Asli" karena coba dites ke rpm REDLine,,, jarum rpm tidak bisa balik sempurna. (rpm semakin tinggi.. rpm lari terus/tdk normal).
***pengalaman penyebab idle rpm naik turun tdk normal;
-- koin/gobangan karburator (service carbu & ganti coin/gobangan)
-- rpm naik turun jika ac di ON,, (selenoid ac/selang vacum nya)
-- rpm naik turun karena selang delco lepas.
PERSAMAAN PART SUBSTITUSI:
Switch Carburator Mitsubishi Colt T120SS atau Suzuki Carry FUTURA
Sama gak swict selenoid karbu milik ford laser dengan punya carry atau t120?
ReplyDeleteKayaknya gk sama
ReplyDelete