Sunday, April 10, 2016

Keunggulan Kekurangan Daihatsu Espass dan Harga

Keunggulan Kekurangan Daihatsu Espass dan Harga

Daihatsu Espass digolongkan dalam jenis mobil minibus mempunyai desain eksterior persegi panjang (mirip bus) akan tetapi mempunyai bodi yang lebih kecil, mobil ini juga sering disebut micro bus. Daihatsu Espass didesain untuk membawa banyak penumpang, daya muat penumpang yang banyak adalah salah satu keunggulan daihatsu espass dimana kapasitas penumpang daihatsu espass mencapai 7 penumpang (mirip mobil MPV). Mobil Espass menggunakan mesin dengan bahan bakar bensin, memiliki transmisi manual 5 kecepatan dengan rasio akhir gigi akhir 4,22. Kapasitas silinder mesin mobil ini adalah 1600 cc dengan fuel injection.


Daihatsu espass mulai dikeluarkan tahun 1995 dengan mesin ZL-9 1.3 memiliki kapasitas silinder 1300 cc dengan pendingin masih menggunakan air dan masih menggunakan platina. Keunggulan daihatsu espass tahun 1995 adalah pada konsumsi bahan bakar yang irit, sedangkan kelemahan daihatsu espass 1995 ini ada pada platina yang mudah rusak apabila terkena air (sensitif terhadap jalan berair). 
Kekurangan Daihatsu espass tahun 1995 juga ada pada desain eksterior yang masih terlihat kaku/ kurang segar dipandang, misalnya pada velg yang belum menggunakan velg racing, desain bumper depan belakang masih terlihat kurang garang. Mesin espass tahun 1995 mempunyai kapasitas silinder 1300 cc dengan teknologi suplai bahan bakar melalui karburator, hal ini akan membawa dampak kurang bagus pada tenaga yang dihasilkan, dapat dipastikan mobil ini memiliki performa mesin yang kurang baik, masih dibawah rival sekelasnya suzuki carry.
Daihatsu Espass tahun 2000 adalah penyempurnaan espass yang dikeluarkan dari tahun 1995 sampai 1999, mulai tahun 2000 Espass sudah menggunakan mesin 1600 cc dengan pasokan bahan bakar menggunakan sistem injeksi penuh, memperbaiki desain eksterior dengan memakai varian velg alloy dan bumper yang sudah disesuaikan dengan perpaduan besi dan karet. Pada bagian interior Espass keluaran tahun 2000 ini juga telah menggunakan AC double blower. Tahun 2000 juga dikatakan merupakan generasi 2 espass dengan mesin dan tenaga baru, mampu memberikan daya maksimum sebesar 82 Hp pada 5600 rpm dan torsi maksimal 123 Nm pada 3200 Rpm saya kira cukup untuk perjalanan dengan medan yang tidak terlalu berat.
Tahun 2003 perubahan minor kembali dilakukan pada desain eksterior dan interior, desain lampu depan dan belakang telah disesuaikan dengan kemajuan teknologi sehingga memiliki daya sorot yang berbeda terang, akan tetapi sampai tahun 2007 espass berhenti diproduksi mobil ini tidak mengalami perbaikan yang signifikan, kita tidak bisa menjumpai airbags, layar sentuh, transmisi otomatis dan lain-lain. Secara umum dapat dikatakan praktis mobil ini hanya berhenti sebagai mobil niaga untuk kalangan mengengah ke bawah.
Keunggulan Daihatsu Espass secara umum adalah:
1. Konsumsi bahan bakar irit
2. Harga beli mobil murah
3. sparepart murah (tapi banyak tembakannya)
4. memiliki daya muat penumpang yang cukup 7 orang
Kekurangan Daihatsu espass adalah:
1. Mesin kurang bertenaga hanya 82 Ps, bandingkan dengan carry 87 Ps
2. Mesin sering rewel terutama untuk espass dibawah tahun 2000 biasanya pada gardan-karburator dan platina
3. Suspensi kurang halus
4. handling buruk, kurang stabil pada kecepatan tinggi dan tikungan
5. harga jual kembali tidak terlalu bagus
Harga Daihatsu Espass berkisar antara 30 juta sampai 80 juta, tergantung tahun dan varian mobil espass, varian terbaik adalah ZLX keluaran tahun 2007 dengan harga mencapai 80 juta rupaih. Berikut ini adalah beberapa rincian harga daihatsu espass:
Daihatsu espass 1.3 tahun 2001 Rp. 31.000.000
Daihatsu espass 1.3 tahun2002 Rp. 32.000.000
Daihatsu espass 1.3 ZL tahun 2000 Rp. 33.000.000
Daihatsu espass 1.3 ZL tahun 2001 Rp. 37.000.000
Daihatsu espass 1.3 ZL tahun 2002 Rp. 42.000.000
Daihatsu espass 1.3 ZL tahun 2003 Rp. 47.000.000
Daihatsu espass 1.3 ZL tahun 2004 Rp. 47.000.000
Daihatsu espass 1.3 ZL  tahun 2004 Rp. 47.000.000
Daihatsu espass 1.3 ZT tahun 2001 Rp. 41.000.000
Daihatsu espass 1.3 ZT tahun 2002 Rp. 43.000.000
Daihatsu espass 1.6 ZX tahun 2000 Rp. 37.000.000
Daihatsu espass 1.6 ZX tahun 2001 Rp. 38.000.000
Daihatsu espass 1.6 ZX tahun 2002 Rp. 42.000.000
Daihatsu espass 1.6 ZX tahun 2003 Rp. 47.000.000
Daihatsu espass 1.6 ZSX tahun 2000 Rp. 40.000.000
Daihatsu espass 1.6 ZSX tahun 2001 Rp. 44.000.000
Daihatsu espass 1.6 ZSX tahun 2002 Rp. 47.000.000
Daihatsu espass 1.6 STD tahun 2000 Rp. 37.000.000
Daihatsu espass 1.6 STD tahun 2001 Rp. 43.000.000
Daihatsu espass Supervan 1.6 tahun 2000 Rp. 43.000.000

Info mobil City Car, MPV dan Mobil Niaga lain www.mobilku.org
http://www.mobilku.org/2012/09/keunggulan-kekurangan-daihatsu-espass.html




Daihatsu ZEBRA Plus Minus


Banyak orang paling suka dengan Daihatsu Zebra terutama yang 1.300 karena terkenal irit dan tenaganya mumpuni untuk dipakai harian. Di samping itu harga lebih terjangkau. Namun ada beberapa masalah yang juga ditemukan di kendaraan ini. Berikut beberapa Plus minus Daihatsu Zebra. 
Daihatsu Zebra generasi pertama banyak dikeluhkan soal mesin yang cepat atau terlalu panas. Kemungkinan disebabkan dua hal. 
  • Pertama karena pemasangan AC di luar standar (non pabrikan) yaitu pemasangan kondensor berdekatan dengan radiator sehingga kerja extra fan tidak maksimal sehingga mesin jadi terlalu panas. 
  • Kedua, pulley water pump pada edisi perdana Daihatu Espass 1995 agak kebesaran sehingga putaran air yg berfungsi mendinginkan air jalannya jadi lambat, hal itu bisa diatasi dengan mengganti pulley water pump yg lebih kecil. 
Untuk generasi Neo Zebra dengan Varian ZL, ZX dan ZSX dengan 2 pilihan mesin 1.3 dan 1.6cc, keluhan itu sudah tidak ada lagi 
Pemakaian Karburator Vs Injection 
Neo Zebra terlahir dengan 3 type mesin. 1.3 carbu, 1.6 carbu dan 1.5 Injection. Dilihat dari sisi tenaga 1.5i lebih bagus 82.4 dk di 6.000rpm sedangkan 1.3 hanya 75 dk dan 1.6 masih 81.5 dk. 
Konsumsi bahan bakar relatif, tergantung cara membawa kendaraan, kondisi kendaraan dan lalulntas serta kontur jalan yang dilewati. Secara teori 1.5i (injection) seharusnya lebih irit karena sudah diatur secara komputer pemakaiannya.
Soal perbaikan dan perawatan, penggunaan karburator lebih nyaman, karena banyak bengkel bisa menangani penyakitnya. Sementara EFI paling tidak mesti dibengkel resmi Daihatsu yang belum tersebar merata di wilayah Indonesia. 
Perapian Daihatsu Zebra 
Banyak pula keluhan tentang Daihatsu Zebra apabila melewati genangan air mesin langsung meradang bahkan mati. Ini diantisipasi atau diakali dengan memakai autosealent pada sambungan tutup distributornya atau ditutup/dibungkus plastik tebal. 
Ada yang berkata kualitas platina yang kurang baik, tidak tahan panas (karena posisinya diatas gearbox) atau kondisi penyetelan yang sering berubah. Bisa di antisipasi dengan mengganti CDI serta mengganti koil standar dengan milik Suzuki carry 1.000 cc ukurannya sama dengan milik Daihatsu Zebra.
http://daihatsuzebra.blogspot.co.id/2012/04/daihatsu-zebra-plus-minus.html





Service Karburator Hemat BBM Daihatsu Zebra



Dengan melakukan Servis karburator dapat menghemat BBM Daihatsu Zebra yang konon katanya boros.

Nama salah satu bengkel khusus perbaikan karburator di Purwokerto (Jateng) Hemat Mobil menjamin bahwa dengan karburator yang standar dapat menghemat BBM.

Sebenarnya hampir semua bengkel kendaraan mobil bekas atau baru dapat melakukan servis karburator, akan tetapi bengkel khusus karburator tentunya mempunyai kelebihan dibanding dengan bengkel umum. Bengkel khusus karburator memang spesialis dalam perbaikan karburator dan tidak menangani masalah lain kecuali karburator.





Pengalaman saya setelah melakukan servis Daihatsu Zebra di spesialis karburator telah terbukti.

  • Pertama, Daihatsu Zebra saya Th 1993 pertama kali dapat, untuk konsumsi BBM 1:6 tentunya sangat boros. Telah saya coba servis di beberapa bengkel umum, berhasil menjadi 1:9 itupun banyak komponen yang harus diganti sehubungan dengan borosnya BBM tersebut. Setelah diservis di spesialis karburator menjadi 1:14 (standart zebra 1,3 menurut bengkel 1:12).
  • Pengalaman kedua, zebra 1990, jalannya kadang tersendat-sendat, tarikan kurang spontan, BBM normal 1:12. Semua bengkel umum tidak dapat menyembuhkan, di spesialis karburator beres permasalahannya.

Berikut gambaran pengerjaan servis spesialis karburator untuk Daihatsu Zebra saya keluaran Th 1990.

1. Melepas karburator

Melepas karburator
Melepas karburator


2. Melepas semua komponen karburator sampai hal yang paling terkecil

Melepas semua komponen karburator
Melepas semua komponen karburator


3. Pemeriksaan dan pembersihan komponen karburator.
Pemeriksaan meliputi lubang saluran udara, bensin, spuyer, setelan udara, klep dll. Semua komponen  tidak luput dari pemeriksaan sesuai standart kendaraan.

Pemeriksaan dan pembersihan komponen karburator
Pemeriksaan dan pembersihan komponen karburator



4. Hasil akhir.

Hasil akhir pengerjaan karburator
Hasil akhir pengerjaan karburator

5. Setelah karburator di servis, siap dipasang kembali.
6. Semua busi juga dilepas untuk diperiksa atau dibersihkan, demikian juga untuk platina.
7. Setelah busi, platina OK, kendaraan siap di uji coba untuk melakukan penyetelan udara, top delco, dll.
8. Uji coba kendaraan, bila masih kurang nyaman dilakukan penyetelan ulang.

Ongkos bervariasi, tergantung adanya penggantian komponen atau tidak. (Saat artikel ini ditulis -2011- ongkos tanpa ada penggantian komponen Rp 70.000), garansi 1 bulan.

Keuntungan servis di spesialis karburator adalah bengkel biasanya siap spare part karburator, kalau membeli carburator kid (lengkap) biasanya ada komponen yang tidak terpakai. Melayani juga tukar tambah karburator mobil bekas dan bergaransi. Sayangnya, tidak semua kota ada servis spesialis karburator.

Sudahkah Anda mencobanya ?




Daihatsu Zebra Espass ZSX 1.5 EFI (keluaran terakhir). 




Kasta Zebra Espass paling tinggi Daihatsu Zebra type ZSX 1.5 EFI kelahiran Agustus 2007 yang merupakan angkatan produksi akhir dari zebra espass .












Espass Tahun 1995



















Daihatsu Espass 1.600cc Super Van th 2000







MODIF DRAG MANADO:















MODIF NIAGA:








 

 

 












MODIF ZEBRA LIMOSIN








Lagi isi Bensin tiba-tiba ada percikan api dari dalam mobil,,,,











1 comment: